Senapan tipe pompa

Senapan angin yang memakai pompa (pump action) yang terintegrasi untuk memampatkan udara lalu dilepas untuk melontarkan peluru. Sedangkan untuk tipe pompa ada dua tipe cara pelepasan angin, yaitu:

  • Knock open valve dan
  • Dumping system

Pada sistem Knock Open Valve digunakan pemukul/hammer seperti senjata api biasa pada bagian dalam dan untuk yang eksternal digunakan pelatuk yang mirip dengn pistol colt. Untuk Dumping system menggunakan klep yg dapat terbuka penuh pada saat trigger/pelatuk terpicu. Contoh senapan angin yg menggunakan Knock open valve yaitu Benyamin Sheridan, Titan, Falcon, Kalong, Kuda (dua terakhir lokal).

Untuk Dumping system yaitu Sharp Dragon, Innova, Ace, Shapto (lokal) biasanya pada industri toko senapan angin dibeberapa negara menyamakan peraturannya mirip dengan senjata api. Dan untuk mencegah senapan angin yang diproduksi secara rumahan/home industri diselewengkan, pemerintah beberapa negara membatasi panjang laras terpendek yaitu minimal 45 cm/18" dari ruang proyektil untuk senjata api dan 12" untuk senapan angin.

Senapan pompa umumnya membutuhkan 5-10 kali pompa untuk sekali tembak, dan sekitar 15 atau 20 kali untuk dapat menembak sampai 5 tembakan. Pada senapan pompa yang bertekanan tinggi, memompa bisa dilakukan hingga 50-100 kali untuk menembak sebanyak 10-20 tembakan; senapan pompa seperti ini dikenal dengan nama senapan gejluk.