Senapan tipe per/pegas

Senapan angin yang memakai per untuk memompa udara untuk mendorong peluru. Untuk yang bertipe per, senapan angin dibagi dalam:

  • tipe under lever,
  • side lever, dan
  • patah laras (break barrel).

Pembagian tipe tersebut berdasarkan cara pegas di tekan sehingga senapan dalam keadaan terkokang untuk siap tembak. Kelebihan senapan ini adalah hanya membutukan satu kali kongkang tertapi kekurangannya Senapan jenis ini memiliki recoil yang besar. Sehingga penggunanya harus mampu mengendalikan recoil tersebut. Contoh senapan ini, magnum, dll.

Gas sudah dipompa terlebih dahulu sebelum senjata akan digunakan.

1. Menggunakan tabung gas CO2 kecil yang mana peluru dorong menggunakan tekanan yang Gas CO2 dari dalam tabung, tekanan yang dihasilkan tidak terlalu besar, biasanya di pergunakan pada pistol atau senapan angin dengan jarak tembak pendek +/- 10m.Pellets yg digunakan biasanya tipe diabolo.

2. Menggunakan sumber udara bertekanan, yang biasa disebut PCP (Pre Charged Peneumatic) - memiliki tekanan yang besar antara 2.000 - 3.000 psi, dapat melontarkan pelurusampai kecepatan > 1.000 fps biasa digunakan pada small or medium hunting. bisa menggunakan tipe pellets semua jenis termasuk tipe pile driver yg membutuhkan tekanan angin tinggi di atas 1500psi untuk menghasilkan daya lontar peluru yg optimum. Senapan PCP biasanya dipompa dengan menggunakan tabung gas, atau pompa mekanis konvensional.